Minggu, 10 April 2011

STRUKTUR PASAR

Yap di tulisan saya kali ini akan membahas tentang struktur pasar tapi alangkah lebih baik nya kita membahas tentang pasar...

Mungkin kalian sudah sangat sering dengar kata pasar.
Menurut kalian apa sih pengertian pasar itu dan apa saja yang akan di bahas dalam pasar ini karena luas nya cakupan dalam pokok bahasan ini maka saya akan membatasi permasalahan ini yaitu :
1. Pasar Persaingan Sempurna
2. Pasar Monopoli
3. Pasar Monopolistik
4. Pasar Oligopoli

Mudah-mudahan tulisan saya kali ini akan dapat bermanfaat bagi pembaca dan jangan bosan yah membaca blog saya walaupun sedikit menjenuh kan.. ^_^

Oke , kita mulai saja

Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.

Tapi kalau menurut saya pasar adalah suatu tempat di mana berkumpul nya pembeli dan penjual yang di sana terjadi suatu proses transaksi jual beli suatu barang dan jasa.

1. Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.

Tapi kalau menurut saya pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar yang di dalam nya sangat banyak pembeli dan penjual, sayang nya barang yang di tawarkan di sini sama jadi pembeli pun tidak dapat membedakan barang di beli berasal dari toko A, toko B, maupun toko C.

Ciri-ciri Pasar Pesaingan Sempurna :
A. Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak.
B. Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen).
C. Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar. Masing-masing penjual ataupun pembeli mempunyai
     kebebasan untuk masuk dan keluar pasar.
D. Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.

2. Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.

Tapi kalau menurut saya pasar monopli adalah suatu pasar yang di dalam nya hanya terdapat satu penjual saja sehingga harga dia yang menentukan mau harga naik atau harga turun itu keputusan penjual itu sendiri maka nya itu kelemahan pasar monopoli .

Ciri utama pasar ini adalah adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak.

3. Pasar persaingan monopolistis pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang ekstrem, yaitu persaingan sempurna dan monopoli. Oleh sebab itu sifat-sifatnya mengandung unsur-unsur sifat pasar monopoli dan unsur-unsur sifat pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan monopolistis dapat didefinisikan sebagai suatu pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak (Sukirno, 2003: 298)

Ciri-ciri pasar persaingan monopolistis ( Sukirno, 2003: 298) :
1. Terdapat banyak penjual.
2. Barang berbeda corak.
3. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga .
4. Mudah bagi suatu perusahaan untuk keluar masuk ke pasar.
5. Persaingan mempromosi penjualan sangat aktif.

4. Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.

Tapi kalau menurut saya pasar oligopoli adalah suatu tempat di dalam nya terdapat suau penawaran dan permintaan, nah di sini sang penjual menguasai permintaan suatu pasar.

Ciri-ciri pasar oligopoli :
A. Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
B. Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.

Sumber :
http://www.google.co.id/

Mungkin tulisan kali ini dapat sedikit membantu anda lagi walaupun tergolong singkat.
Mohon maaf kalau ada salah-salah kata.
Terima kasih (obrigado)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar