Rabu, 03 November 2010

PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Menurut kalian apa sih pengertian pengambilan keputusan itu , bagaimana sich cara pengambilan keputusan itu…….?

Nah di tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang pengambilan keputusan, saya harap ini akan membantu sedikit  dan jangan jenuh yah walaupun sedikit membosankan dan jangan :ngacirr yach(istilah para kaskuser yang artinya lari/kabur)...hehehe

Oke kita mulai saja, jadi

pengertian pengambilan keputusan menurut saya itu adalah suatu kegiatan atau proses mencari jalan keluar dengan di hadapkan oleh beberapa alternatif pilihan. Biasa nya setiap proses pengambilan keputusan akan menghasilkan keputusan yang adil karena pengambilan keputusan biasanya di rundingkan dulu oleh beberapa orang atau kelompok dan hasil dari pengambilan keputusan bisa berupa aksi atau pun hanya saran pada suatu pemilihan agar tercipta musyawarah untuk mufakat.

pengambilan kepuutusan juga sangat berguna bagi semua orang karena dengan pengambilan keputusan kita dapat menemui titik terang dari suatu masalah yang sedang terjadi dan berlangsung.
pengambilan keputusan pun harus menggunakan kepala dingin agar hasil yang di dapat positif, jika pengambilan keputusan dilakukan dengan emosi maka hasil nya akan negatif dan buruk.

Cara-cara pengambilan keputusan, yaitu :
1. Suit lokal
- Teknik ini biasa nya untuk menyelesaikan antara dua belah pihak dengan cara mengadu tebakan jari mana yang akan keluar dan biasa nya hasil nya menang ,kalah dan seri jika seri maka akan di ulang kembali.
- Suit lokal biasa nya di lakukan dengan jari jempol sebagai gajah,jari kelingking ibarat semut dan jari telunjuk sebagai manusia. Suit ini di lakukan secara serentak dengan menggunakan aba-aba "1..2..3".

- Cara mengetahui menang kalah nya yaitu
* jempol(gajah) VS telunjuk(manusia) >>> menang jempol(gajah)
* telunjuk(manusia) VS kelingking(semut) >>> menang telunjuk(manusia)
* jempol(gajah) VS kelingking(semut) >>> menang kelingking(semut)

- Saya juga bingung kenapa mekanisme ini bisa terjadi dan siapa pencipta nya tapi yang pasti cara ini sudah sering di lakukan dari jaman ke jaman.

2. Suit jepang dan amerika (suit internasional)
- Sama seperti suit lokal tapi hanya di ganti saja aturan main nya dan cara mengetahui menang kalah nya.

- Suit ini biasa nya di lakukan dengan jari di bentuk sebagai gunting,jari di bentuk sebagai kertas dengan cara membentangkan tangan dan tangan di bentuk sebagai batu dengan cara mengkepalkan tangan. Suit ini di lakukan secara serentak dengan menggunakan aba-aba "1..2..3"

- Cara mengetahui menang kalah nya yaitu :
* gunting VS kertas >>> menang gunting
* gunting VS batu >>> menang batu
* kertas VS batu >>> menang kertas

3. Teknik voting
- teknik ini untuk memilih suatu jalan keluar dari suatu pengambilan keputusan.
- Cara pengambilan keputusan nya dengan memilih satu dari beberapa pilihan alternatif keputusan lalu di catat dan yang terakhir di hitung biasa nya teknik ini di gunakan pada saat pemilihan presiden.wakil presiden, pemilihan ketua kelas, pemilihan jalan keluar ,dll.

4. Teknik undian
- Nah ini yang biasa di lakukan ibu-ibu arisan.
- Cara pengambilan keputusan nya dengan cara menulis nama/nomer di dalam secarik kertas yang sudah di potong-potong lalu di masukan ke dalam bekas botol lalu di beri lobang sedikit lalu di kocok terus nanti keluar secarik kertas nya maka di dalam kertas itu yang jadi penyelesaian keputusan nya.

5. Teknik kartu
- Cara ini di butuhkan pihak ke tiga yaitu kartu.
- Cara pengambilan keputusan nya dengan cara membagi kartu , satu orang mendapatkan satu kartu dan yang mendapatkan kartu paling besar maka dia lah pemenang nya.


Mungkin tulisan kali ini dapat sedikit membantu anda lagi walaupun tergolong singkat.
Mohon maaf kalau ada salah-salah kata.
SAY NO TO DRUGS & SEKS BEBAS !

Terima kasih (sankyu) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar