Jumat, 30 September 2011

“PENTING NYABAHASA INDONESIA DALAM TATANAN KEHIDUPAN BERMASYARAKAT”


Ragam bahasa adalah varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. Berbeda dengan dialek yaitu varian dari sebuah bahasa menurut pemakai. Variasi tersebut bisa berbentuk dialek, aksen, laras, gaya, atau berbagai variasi sosiolinguistik lain, termasuk variasi bahasa baku itu sendiri. Variasi di tingkat leksikon, seperti slang dan argot, sering dianggap terkait dengan gaya atau tingkat formalitas tertentu, meskipun penggunaannya kadang juga dianggap sebagai suatu variasi atau ragam tersendiri.

Ternyata ragam bahasa pun ada jenis nya juga, yaitu
Berdasarkan pokok pembicaraan, ragam bahasa dibedakan antara lain atas:
* Ragam bahasa undang-undang
- contoh : seperti undang-undang negara dan lain-lain
* Ragam bahasa jurnalistik
- contoh : media massa seperti Koran dan majalah
* Ragam bahasa ilmiah
- contoh : pembuatan penelelitian karya ilmiah dan skripsi
* Ragam bahasa sastra
- contoh : seperti kamus, dan lain-lain

Berdasarkan media pembicaraan, ragam bahasa dibedakan atas:

   1. Ragam lisan yang antara lain meliputi:
          * Ragam bahasa cakapan
          * Ragam bahasa pidato
          * Ragam bahasa kuliah
          * Ragam bahasa panggung
   2. Ragam tulis yang antara lain meliputi:
          * Ragam bahasa teknis
          * Ragam bahasa undang-undang
          * Ragam bahasa catatan
          * Ragam bahasa surat

Ragam bahasa menurut hubungan antar pembicara dibedakan menurut akrab tidaknya pembicara

    * Ragam bahasa resmi
    * Ragam bahasa akrab
    * Ragam bahasa agak resmi
    * Ragam bahasa santai
    * dan sebagainya.

Menurut saya ragam bahasa adalah suatu perbedaan cara bicara maupun bahasa yang di gunakan tapi semua itu kembali ke asal-usul Indonesia yang berarti “bhineka tunggal ika” yang arti nya walaupun berbeda tapi tetap satu. Di sini kita dapat berkomunikasi dengan seseorang yang kita awal nya tidak tau dari mana dia berasal namun setelah berkomunikasi kita mengetahui itu aksen dan bahasa orang itu gunakan. Kita juga dapat mengetahui jenis-jenis ragam bahasa di gunakan nya kapan dan di mana berdasarkan akrab atau tidak nya pembicara dengan anda.

Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) adalah ejaan bahasa Indonesia yang berlaku sejak tahun 1972. Ejaan ini menggantikan ejaan sebelumnya, Ejaan Republik atau Ejaan Soewandi.

Ternyata ada perbedaan-perbedaan antara EYD dan ejaan sebelumnya, yaitu:
    * 'tj' menjadi 'c' : tjutji → cuci
    * 'dj' menjadi 'j' : djarak → jarak
    * 'j' menjadi 'y' : sajang → sayang
    * 'nj' menjadi 'ny' : njamuk → nyamuk
    * 'sj' menjadi 'sy' : sjarat → syarat
    * 'ch' menjadi 'kh' : achir → akhir
    * awalan 'di-' dan kata depan 'di' dibedakan penulisannya. Kata depan 'di' pada contoh "di rumah", "di sawah", penulisannya dipisahkan dengan spasi, sementara 'di-' pada dibeli, dimakan ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Sebelumnya "oe" sudah menjadi "u" saat Ejaan Van Ophuijsen diganti dengan Ejaan Republik. Jadi sebelum EYD, "oe" sudah tidak digunakan.
Untuk penjelasan lanjutan tentang penulisan tanda baca, dapat dilihat pada Penulisan tanda baca sesuai EYD.

Menurut saya peranan bahasa Indonesia di jaman sekarang sangat lah penting, kenapa? Karena di jaman sekarang banyak stasiun tv yang sudah banyak menayangkan sinetron yang belu tentu menggunakan bahasa Indonesia yang baik seperti pemakaian kata “kamu jadi lu”, “saya jadi gw” nah di saat begini lah peranan bahasa Indonesia sangat menonjol karena dengan ada nya bahasa Indonesia dapat menumbuhkan kembali cinta akan negri Indonesia sendiri di dalam tubuh warga Indonesia. Jadi mari kita belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar lagi.

Pentingnya bahasa Indonesia dalam tatanan kehidupan bermasyarakat?
Warga Indonesia tidak dapat lepas dari bahasa indonesia. Terbukti dari penggunaannya untuk percakapan sehari-hari, tentu ada peran bahasa yang membuat satu sama lain dapat berkomunikasi, saling menyampaikan maksud. Tak hanya dalam bentuk lisan, tentu saja bahasa juga digunakan dalam bentuk tulisan.

Menurut saya Penting nya bahasa Indonesia dalam tatanan kehidupan bermasyarakat adalah sangat penting, karena selain bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara Indonesia juga dapat menjadi penghubung komunikasi antar warga Indonesia dan juga kita harus memakai bahasa Indonesia yang benar agar bahasa Indonesia yang baik dan benar tetap terjaga dan di lestarikan.



Sumber :

Kalian harus bangga di negara mana anda di lahirkan karena itu menandakan bahwa anda cinta ke pada negara anda, seperti saya bangga di lahirkan di Indonesia dan saya cinta ke pada negara Indonesia.
Mungkin tulisan kali ini dapat sedikit membantu anda lagi walaupun tergolong singkat.
Mohon maaf kalau ada salah-salah kata.
SAY NO TO DRUGS AND SAY NO TO FREE SEX.
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar