Manajer Proyek (Project Manager) adalah seseorang
yang bertindak sebagai pimpinan dalam suatu proyek.
Project Manager yang baik harus mempunyai beberapa kriteria
seperti :
Karakter
Pribadinya
1. Memiliki
pemahaman yang menyeluruh mengenai teknis pekerjaan dari proyek yang dikelola
olehnya.
2. Mampu
bertindak sebagai seorang pengambil keputusan yang handal dan bertanggung
jawab.
3. Memiliki
integritas diri yang baik namun tetap mampu menghadirkan suasana yang mendukung
di lingkungan tempat dia bekerja.
4. Asertif
5. Memiliki
pengalaman dan keahlian yang memadai dalam mengelola waktu dan manusia.
Karakteristik
Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
1. Memiliki
komitmen yang kuat dalam meraih tujuan dan keberhasilan proyek dalam jadwal,
anggaran dan prosedur yang dibuat.
2. Pelaksanakan
seluruh proses pengembangan proyek IT sesuai dengan anggaran dan waktu yang
dapat memuaskan para pengguna/klien.
3. Pernah
terlibat dalam proyek yang sejenis.
4. Mampu
mengendalikan hasil-hasil proyek dengan melakukan pengukuran dan evaluasi
kinerja yang disesuaikan dengan standar dan tujuan yang ingin dicapai dari
proyek yang dilaksanakan.
5. Membuat
dan melakukan rencana darurat untuk mengantisipasi hal-hal maupun masalah tak
terduga.
6. Membuat
dan menerapkan keputusan terkait dengan perencanaan.
7. Memiliki
kemauan untuk mendefinisikan ulang tujuan, tanggung jawab dan jadwal selama hal
tersebut ditujukan untuk mengembalikan arah tujuan dari pelaksanaan proyek jika
terjadi jadwal maupun anggaran yang meleset.
8. Membangun
dan menyesuaikan kegiatan dengan prioritas yang ada serta tenggat waktu yang
ditentukan sebelumnya.
9. Memiliki
kematangan yang tinggi dalam perencanaan yang baik dalam upaya mengurangi
tekanan dan stres sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja tim.
10. Mampu
membuat perencanaan dalam jangka panjang dan jangka pendek.
Karakteristik
Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin
1. Memiliki
kemampuan dan keahlian berkomunikasi serta manajerial.
2. Mampu
menyusun rencana, mengorganisasi, memimpin, memotivasi serta mendelegasikan
tugas secara bertanggung jawab kepada setiap anggota tim.
3. Menghormati
para anggota tim kerjanya serta mendapat kepercayaan dan penghormatan dari
mereka.
4. Berbagi
sukses dengan seluruh anggota tim.
5. Mampu
menempatkan orang yang tepat di posisi yang sesuai.
6. Memberikan
apresiasi yang baik kepada para anggota tim yang bekerja dengan baik.
7. Mampu
mempengaruhi pihak-pihak lain yang terkait dengan proyek yang dipimpinnya untuk
menerima pendapat-pendapatnya serta melaksanakan rencana-rencana yang
disusunnya.
8. Mendelegasikan
tugas-tugas namun tetap melakukan pengendalian melekat.
9. Memiliki
kepercayaan yang tinggi kepada para profesional terlatih untuk menerima
pekerjaan-pekerjaan yang didelegasikan darinya.
10. Menjadikan
dirinya sebagai bagian yang terintegrasi dengan tim yang dipimpinnya.
11. Mampu
membangun kedisiplinan secara struktural.
12. Mampu
mengidentifikasi kelebihan-kelebihan dari masing-masing anggota tim serta
memanfaatkannya sebagai kekuatan individual.
13. Mendayagunakan
setiap elemen pekerjaan untuk menstimulasi rasa hormat dari para personil yang
terlibat dan mengembangkan sisi profesionalisme mereka.
14. Menyediakan
sedikit waktu untuk menerima setiap ide yang dapat meningkatkan kematangan
serta pengembangan dirinya.
15. Selalu
terbuka atas hal-hal yang mendorong kemajuan.
16. Memahami
secara menyeluruh para anggota tim yang dipimpinnya dan mengembangkan
komunikasi efektif di dalamnya.
kesimpulan menurut saya , Staff/Manager proyek
adalah seseorang pemimpin yang memimpin suatu proyek. Manager Proyek ini
sangat berperan penting dalam adanya suatu proyek, karena kegagalan dan
keberhasilan dari proyek tersebut di tentukan oleh manager proyek itu sendiri.
Sumber :
http://fairuz.upy.ac.id/?p=443
http://www.setiabudi.name/archives/990
http://belajarmanagement.wordpress.com/2009/03/23/pengertian-dan-tugas-manager/
http://en.wikipedia.org/wiki/Project_manager
terimakasih informasinya semoga membantu.salam st3telkom
BalasHapus