Minggu, 18 Maret 2012

JENIS- JENIS SOFTWARE PROGRAM DATA BASE SELAIN RDBMS

ORDBMS adalah sebuah model DBMS yang dikembangkan Oracle yang masih mengikuti model database relasional namun memiliki kelebihan dalam hal dukungan fitur yang disediakan di dalamnya. Beberapa karakteristik fitur yang ditambahkan dalam ORDBMS antara lain :
  • Dukungan dalam tipe data definisi pengguna (user-defined datatypes). Fitur ini memberikan keleluasaan kepada user untuk mengembangkan sendiri tipe data yang diinginkannya atau dapat juga menggunakan tipe data yang telah disediakan Oracle. Dengan user-defined datatypes akan meningkatkan keakuratan dalam pemetaan business object di database dan mengurangi waktu proses pengelolaan database setelah database diimpelementasikan.
  • Dukungan terhadap object multimedia dan object ukuran besar. Mulai dari Oracle 8 hingga 10g, Oracle memiliki dukungan terhadap BLOB (Binary Large Object) seperti movie, video, clips, image ataupun text dengan kapasitas besar.
  • Dukungan penuh terhadap konsep database relasional. Meski banyak tambahan object dalam Oracle, namun Oracle tetap menyediakan dukungan paling lengkap untuk konsep RDBMS. Karena Oracle merupakan kekuatan dan kekayaan terbesar untuk fitur pada konsep RDMBS.
Penggunaan teknologi RDBMS pada awalnya sangat dominan, tetapi dikarenakan fasilitas–fasilitas yang ada pada RDBMS tidak lagi sesuai dengan aplikasi tingkat lanjut, maka RDBMS digantikan dengan OODBMS. Pada OODBMS terdapat banyak sekali bentuk-bentuk object oriented seperti metode encapsulation, inheritance, polymorphism, dll.Model data relasional lanjutan tidak hanya ada satu , tetapi terdapat berbagai macam model data, dimana karakteristik dan tingkat kebutuhan data yang telah dibuat.

Bagaimanapun semua model data yang akan digunakan mengacu pada konsep objek dan mempunyai kemampuan untuk menyimpan data di dalam database. Berbagai macam terminologi yang digunakan untuk sistem model relasional tingkat lanjut yaitu ERDBMS. Tapi sekarang ini untuk system berbasis objek dapat digunakan OODBMS. Inti dari kinerja RDBMS yaitu ada pada optimasi queri-nya dan juga pengetahuan mengenai bagaimana mengeksekusi fungsi dari user-define secara efisien, mengambil keuntungan dari pengindeksan pada struktur yang baru, memetakan queri dengan cara baru, dan menavigasi antara data menggunakan referensi data.

Penggunaan OODBMS untuk suatu organisasi yang sangat besar dan universal tidak lagi sesuai sehingga untuk mendukung kinerja dari organisasi tersebut dibutuhkan suatu ORDBMS (Objeck Relational Database Management System). ORDBMS memiliki fasilitas untuk mendefinisikan data yang kompleks, menspesialisasikan struktur indeks dibutuhkan untuk mengefisienkan pengambilan data. ORDBMS digunakan untuk dua sampai tiga dimensional data.


OODBMS
Model Basis data berorientasi oobjek (OODBMS) menggunakan konsep-konsep pendekatan
berorientasi objek yang tidak hanya menyimpan data tapi juga operasi operasi terhadap data yang membentuk objek apa yang dapat dilakukan pada data yang dikandungnya. Pengembangan Basis data berorientasi objek dipengaruhi peningkatan popularitas bahasa berorientasi objek dan realisasi untuk mengatasi keterbatasan basis data relasional.

ODBMS ( Bambang, 2004) adalah perluasan bahasa pemograman menjadi bahasa versi persitens. Bahasa versi persistens ini memungkinkan pemrogram memanipulasi data secara langsung dari bahasa pemograman tanpa perlu melalui bahasa memanipulasi data seperti SQL. Dengan cara ini maka terdapat integrasi lebih erat pada bahasa pemrograman dengan basis data dibanding melalui embedded SQL. Perluasan ini berkehendak dapat memberi transparasi antara konsep-konsep kelas dan objek dibahasa pemograman tanpa mempedulikan keberadaan di memori atau di disket
Manifesto OODBMS adalah :
• Mendukung objek objek kompleks
• Mendukung identitas objek
• Memungkinkan objek dikapsulkan
• Mendukung tipe atau kelas
• Mendukung pewarisan
• Menghindari tehnik binding yang dini
• Dapat mengingat lokasi data
Kelemahan OODBMS :
• Kemungkinan korupsi basis data
• Kekurangan dan perluasan logik
• OODB lebih sulit dimengerti. Dibutuhkan orang yang benar – benar menguasai OODB.
Keunggulan OODBMS:
• Fitur fitur lanjut
• Sistem tipe yang seragam
• Dapat menyimpan kelas dengan jumlah banyak
• Dapat mengatasi data yang interrelated dan kompleks
• Adanya kelas yang hirarki
• Tidak memerlukan query language
• Tidak ada ganguan mismach
• Tidak ada primary key
• Adanya inheritance
• Menghasilkan sistem yang dibangun diatas bentuk-bentuk antara yang stabil dan dengan
demikiaan lebih mampu untuk mengikuti perubahan
Gambaran Umum Sistem yang Berjalan
Berikut ini gambaran umum dari struktur basis data yang sedang berjalan berdasarkan hasil
pengamatan dan wawancara dengan Satuan Kerja Restruk Kredit di Bank XYZ. Pengkreditan yang berjalan di Bank XYZ hampir sama dengan bank-bank lainnya.
• Nasabah datang langsung pada Bank XYZ untuk mengajukan permohonan kredit dengan
mengisi formulir yang diberikan oleh customer service.
• Bagian marketing akan memeriksa formulir nasabah akan ketidaklengkapan pengisian formulir nasabah dan bila formulir belum lengkap terisi maka akan dikembalikan untuk pengisian kelengkapan formulir.
• Formulir yang telah lengkap ditindaklanjuti dengan melakukan survei akan jaminan yang
diberikan oleh nasabah.
• Setelah melakukan survei maka dibuatkan laporan tentang keadaan jaminan dan semua
informasi yang ada pada jaminan tersebut.
• Laporan yang telah dibuat maka akan diberikan pada bagian Head Segment dimana kumpulan orang yang mempunyai hak penentuan setuju atau tidak nya bank akan memberi pinjaman.
• Apabila bank tidak menyetujui permohonan peminjaman tersebut maka bagian marketing akan membuat surat penolakan yang diberikan pada nasabah. Dan bila disetujui maka dokumen akan diberikan pada bagian kredit untuk dicek lebih lanjut untuk penilaian jaminan dan analisa kredit. Dimana penilaian jaminan itu akan menilai seberapa besar nilai jaminan yang diberikan dan dibuat Laporan Penilaian Jaminan.
• Laporan tersebut diberikan pada divisi marketing dan bagian marketing akan membuatkan
proposal kredit dari hasil laporan penilaian tersebut. Bila peminjaman bernilai diatas 500 juta
maka dokumen akan didistribusikan kepada bagian kredit untuk menganalisis apakah permohonan perkreditan tersebut memenuhi syarat yang diajukan oleh bank.
• Dan membuat hasil analisa dalam bentuk laporan yang lalu diberikan pada pihak Risk
Management untuk melihat resiko-resiko yang terdapat pada permohonan peminjaman kredit
setelah semua resiko diperhitungkan maka hasilnya akan diberikan pada bagian Head Segment dimana komite tersebut merupakan kumpulan manajemen yang akan memberika persetujuan akhir akan pemberian kredit pada nasabah.
• Setelah offering letter diberikan ke nasabah selanjutnya bagian legal & dokumen akan meminta dokumen asli dari informasi yang diberikan nasabah , dan mengecek kelengkapan data tersebut.
• Kemudian akan dibuatkan surat pengantar untuk pengikatan kredit yang akan diberikan pada notaris
• Pengikatan kredit oleh notaris di setujui dan ditandatangani maka pencairan kredit dapat dilakukan.
• Setelah pencairan dilakukan semua hal yang dilakukan oleh nasabah akan dimonitor lebih
lanjut untuk kepastian penggunaan kredit pinjaman tersebut

Penerapan sistem informasi ke dalam asuransi keuangan


Sebelum membahas tentang “penerapan sistem informasi ke dalam asuransi keuangan”, sebaik nya kita membahas dulu tentang pengertian asuransi. Pengertian asuransi adalah sebuah sistem untuk merendahkan kehilangan finansial dengan menyalurkan risiko kehilangan dari seseorang atau badan ke lainnya. Sedangkan kalau menurut saya asuransi adalah suatu jalan alternative agar seseorang mendapatkan akibat seminim mungkin, sebagai contoh karena marak nya kehilangan sepeda motor maka di jaman sekarang sudah banyak orang memakai asuransi kendaraan agar sewaktu-waktu jika kendaraan nya hilang maka orang tersebut akan mendapat penggantian sesuai dengan perjanjian yang berlaku tentu nya.
            
Asuransi dalam Undang-Undang No.2 Th 1992 tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.
           
Badan yang menyalurkan risiko disebut “tertanggung”, dan badan yang menerima resiko disebut “penanggung”. Perjanjian antara kedua badan ini disebut kebijakan: ini adalah sebuah kontrak legal yang menjelaskan setiap istilah dan kondisi yang dilindungi. Biaya yang dibayar oleh “tetanggung” kepada “penanggung” untuk risiko yang ditanggung disebut “premi”. Ini biasanya ditentukan oleh “penanggung” untuk dana yang bisa diklaim di masa depan, biaya administratif, dan keuntungan.
peningkatan penggunaan sistem informasi berbasis komputer pada industri asuransi dalam beberapa dekade terakhir ini, dipengaruhi oleh :
1. peningkatan kompleksitas tugas manajemen
2. peningkatan kemampuan karyawan di semua tingkatan dalam menggunakan komputer
3. perkembangan teknologi
           
Menurut hasil survey yang dilakukan oleh Celent International (2008) terhadap 954 perusahaan asuransi berskala internasional di Asia, Eropa dan Amerika dalam kurun waktu tahun 2001 – 2007, menunjukkan bahwa software aplikasi komputer yang digunakan sebagai penunjang sistem informasi pada industri asuransi terbagi dalam empat kategori utama, yaitu

+ Kegiatan pemrosesan (core processing) meliputi seluruh kegiatan administrasi dan dokumentasi polis serta pemberian pelayanan terhadap para pemegang polis.

+ Distribusi (distribution)  meliputi pemberian jasa dan pelayanan terhadap para agen asuransi, seperti pembuatan ilustrasi paket asuransi yang akan ditawarkan, penentuan kuota tariff premi, dan pembatasan rating aplikasi asuransi.

 + Dokumentasi (document Management) meliputi seluruh kegiatan administrasi dan dokumentasi, seperti dokumentasi kegiatan investasi, pelaporan, surat menyurat, serta pembuatan sertifikat yang dilakukan oleh perusahaan.

+ Infrastruktur (infrastructure) meliputi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan organisasi dalam pengambilan keputusan bisnis, seperti enterprise resource planning (ERP), business rules engines (BRE), dan data warehousing / business intelligence (DW/BI).
          
Inovasi dan peningkatan kualitas software pada aplikasi komputer tersebut pun dapat di lakukan yaitu dengan
a. Melakukan penambahan fasilitas pelayanan, yaitu sistem administrasi polis dan sistem administrasi pemegang polis, serta sistem administrasi klaim;
b.  Perubahan materi dan ruang lingkup sistem aplikasi, yaitu peningkatan kualitas dan ruang lingkup sistem aplikasi aktuaria menjadi sistem administrasi underwriting.
           
Perangkat lunak (software) sistem informasi yang digunakan perusahaan asuransi di Indonesia secara umum meliputi aktuaria sistem, manajemen lembaga, administrasi klaim, administrasi kesehatan, ilustrasi, administrasi hidup, administrasi kebijakan, premium administrasi, properti / administrasi korban, rating & mengutip, administrasi reasuransi, subrogasi, Dan underwriting.
           
Kesimpulan nya dari tugas ini adalah bahwa sistem informasi asuransi keuangan sangat lah di butuh kan untuk peningkatan kualitas maupun hal-hal penting di dalam asuransi untuk dapat melakukan kegiatan asuransi di antara nya adalah untuk melakukan kegiatan pemrosesan , distribusi , dokumentasi , dan Infrastruktur.

Sabtu, 17 Maret 2012

Jalan-jalan ke event “Cap gomeh fair 2012” di Arena PRJ kemayoran Jakarta


Pada tanggal 12 februari 2012 kemarin aku menghadiri event “Cap gomeh fair 2012” di Arena PRJ kemayoran Jakarta dan saya mengikuti lomba cosplay kompetisi nya. Lomba cosplay nya free registrasi alias gratis hanya membayar tiket masuk 10rb.

Saya datang ke prj bersama teman-teman saya yaitu gian(El Líder Gianvial),shizen(Shizen No Kyōi),kuro/black(Ikari Kuroichi),dan lain-lain. Saya dengan mereka ketemuan di stasiun beos kota karena kebanyakan tempat tinggal mereka di bogor jadi saya berangkat sendiri naik kereta dari st.depok baru. Setelah ketemuan di st.beos kota , kami awal nya berencana naik bus way yang berhenti ke jembatan merah atau dengan menggunakan taksi tapi akhir nya voting dan mengambil suara terbanyak akhir nya kami melanjutkan dengan taksi.

Setelah sampai di prj kami membayar tiket masuk sebesar 10rb dan mendapatkan semacam voucher yang berisi potongan harga dan semua pengunjung berhak mengambil angpau di pohon angpau. Lalu aku menelvon panitia event penyelenggara cosplay competition nya. Lalu kami ke tempat ganti costume nya ini  foto saya pas sedang di ruang ganti *narsis sedikit #plak….* hehehhehe


Setelah itu saya menunggu jam perform lomba tersebut di adakan lalu setelah itu saya lomba banyak sekali yang ikut lomba di sana.
Updated Peserta lomba Harajuku & Cosplay CAPGOMEH FAIR 2012 (12 Februari 2012, Jakarta, Arena PRJ Kemayoran): https://www.facebook.com/events/293873113996739/

KATEGORI TOKUSATSU
1. Shinzen no Kyoi
2. Rian
3. Kamen RIder Ozu
4. Mahdi Kidd
5. Yutaka
6. Opang Oke
7. Ojan Riders
8. Soumasan
9. Kamikaze
10. Syarif
11. Ooz Ninomiya

KATEGORI COSPLAY Anime / Manga
1. Wuri Saja
2. Clara
3. Ogy
4. Ryoshi
5. Aby Ryota
6. Berlim
7. Kiryuu
8. Icha
9. Mokashi
10. Boby
11. Ran Kinomoto
12. Sagitarius
13. Akaneko
14. Yoshirou
15. Putra
16. Henry
17. Frey
18. Sasa
19. Ara
20. Miki
21. Hoshi
22. Shin-Lu
23. Yoichi
24. Ches
25. Reichin

KATEGORI HARAJUKU Style
1. Kyon
2. Chrono
3. Monic
4. Louis Googly
5. Chie
6. Yuka
7. Kazerin
8. Nadhea
9. Carlla
10. Karen
11. K-Ghrei
12. Yumi
13. Maia
14. Kim Heyo

KATEGORI CABARET
1. Platina
2. V for Valentine


setelah perform, saya dan teman-teman mencari makanan di sekitar prj lalu kami melihat ada tukang kerak telor sedang ada di sana. Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Harga nya pun cukup terjangkau yaitu 8rb rupiah - 20rb rupiah tergantung banyak nya telor juga sih... ahhahaha

setelah itu kami pun menunggu pengumuman pemenang nya dan ternyata alhamdulillah saya menjadi runner up. Saya sungguh tidak menyangka karena peserta lain nya juga sangat bagus-bagus dari segi kostume maupun performance nya.


Capgomeh Fair 2012 :: 12 Februari 2012 :: Arena PRJ Kemayoran, Jakarta. https://www.facebook.com/events/293873113996739/

Kategori TOKUSATSU / GAME
Juara : Kamikaze (Samurai Warriors 2)
Runner Up : Opang Oke (Kamen Rider Ryuki)
Runner Up : wuri saja (Mandarin Spawn 2)

Kategori ANIME / MANGA
Juara : Ran kinomoto (Athena / Saint Seiya)
Runner Up : Kiryuu (Sweet Gundam)
Runner Up : Akaneko (Erza Scarlet / Fairy Tale)

Kategori HARAJUKU STYLE
Juara : Yumi (Queen of European Doll)
Runner Up : K-Ghyrei
Runner Up : Katsumi

Kategori COSSTREET
Juara : Franko Alexandersson (Gaara)

Kategori CABARET
Juara : V for Valentine (Dynasty Warior)

Yap cukup sekian cerita dari saya semoga tulisan saya kali ini dapat membuat pembaca senang, mohon maaf jika saya ada salah kata. Saya di sini hanya menshare pengalaman saya bukan bermaksud sombong atau gimana.

Mohon maaf kalau ada salah-salah kata , saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan...
Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

SAY NO TO DRUGS BRO & TETAP BERKREATIF..... ^_^